MICROSOFT POWER POINT
Microsoft Power Point adalah suatu software yang akan membantu dalam menyusun sebuah presentasi yang efektif, professional, dan juga mudah. Microsoft Power Point akan membantu sebuah gagasan menjadi lebih menarik dan jelas tujuannya jika dipresentasikan.
Microsoft Power Point bertujuan membantu dalam pembuatan slide, outline presentasi, presentasi elektronika, memudahkan tampilkan slide yang dinamis, termasuk clip art yang menarik, dan semuanya itu mudah ditampilkan di layar monitor komputer.
Beberapa cara mengaktifkan program pengolah angka Microsof power point 2007, diantaranya yaitu:
Cara 1:
1) Klik menu start pada taskbar
2) Klik all programs -->Microsoft Office --> Microsoft Office Power point 2007.
Cara 2:
1). Dengan mengeklik program pengolah angka di tampilan desktop.
SEJARAH
Aplikasi Microsoft PowerPoint ini pertama kali dikembangkan oleh Bob Gaskins dan Dennis Austin sebagai Presenter untuk perusahaan bernama Forethought, Inc yang kemudian mereka ubah namanya menjadi PowerPoint.
Pada tahun 1987, PowerPoint versi 1.0 dirilis, dan komputer yang didukungnya adalah Apple Macintosh. PowerPoint kala itu masih menggunakan warna hitam/putih, yang mampu membuat halaman teks dan grafik untuk transparansi overhead projector (OHP). Setahun kemudian, versi baru dari PowerPoint muncul dengan dukungan warna, setelah Macintosh berwarna muncul ke pasaran.
Microsoft pun mengakuisisi Forethought, Inc dan tentu saja perangkat lunak PowerPoint dengan harga kira-kira 14 Juta dolar pada tanggal 31 Juli 1987. Pada tahun 1990, versi Microsoft Windows dari PowerPoint (versi 2.0) muncul ke pasaran, mengikuti jejak Microsoft Windows 3.0. Sejak tahun 1990, PowerPoint telah menjadi bagian standar yang tidak terpisahkan dalam paket aplikasi kantoran Microsoft Office System (kecuali Basic Edition).
Versi terbaru adalah Microsoft Office PowerPoint 2013 (PowerPoint 15), yang dirilis pada bulan Januari 2013, yang merupakan sebuah lompatan yang cukup jauh dari segi antarmuka pengguna dan kemampuan grafik yang ditingkatkan. Selain itu, dibandingkan dengan format data sebelumnya yang merupakan data biner dengan ekstensi *.ppt, versi ini menawarkan format data XMLdengan ekstensi *.pptx.
MENGENAL IKON-IKON PADA MENU BAR
MENU HOME SUBMENU CLIPBOARD
MENU OFFICE BUTTON
1. NEW : Untuk membuat buku kerja baru atau file baru
2. OPEN : Untuk membuka buku kerja atau file yang sudah dibuat
3. SAVE : Untuk menyimpan buku kerja atau file
4. SAVE AS : Untuk menyimpan buku kerja atau file dengan nama lain
5. PRINT : Untuk mencetak buku kerja atau file
6. PREPARE : Untuk melihat kelengkapan atau kesiapan dokumen yang dibuat
7. SEND : Untuk mengirim buku kerja atau file ke aplikasi lain
8. PUBLISH : Untuk menerbitkan atau memasukkan ke aplikasi-aplikasi di internet
9. CLOSE : Untuk menutup lembar kerja secara cepat
10. EXIT WORD : Untuk keluar dari program aplikasi ms. Excel 2007
MENU HOME SUBMENU CLIPBOARD
1.. PASTE : Untuk menampilkan kata yang telah dicopy atau dicut.
2. CUT : Untuk memindahkan kata yang selanjutnya ditampilkan oleh ikon paste.
3. COPY : Untuk menggandakan kata yang kta copy.
4. FORMAT PAINTER : Untuk mengubah format tulisan pada kata yang kita pilih
MENU HOME SUBMENU SLIDES
1. NEW SLIDE : untuk menyisihkan atau menambah slide baru.
2. LAYOUT : Menentukan tata letak slide
3. RESET : Untuk membatalkan semua format slide.
4. DELETE : melakukan penghapusan slide.
MENU HOME SUBMENU FONT
1. KOLOM FONT : Untuk mengatur huruf tulisan
2. SIZE FONT : Untuk mengatur ukuran huruf
3. GROW FONT : Untuk Membesarkan tulisan
4. SHRINK FONT : Untuk mengecilkan tulisan
5. CLEAR FORMATTING : Untuk menghilangkan format-format penulisan
6. BOLD : Untuk menebalkan tulisan
7. ITALIC : Untuk memiringkan tulisan
8. UNDERLINE : Untuk memberikan garis bawah pada tulisan
9. STRIKETHROUGH : Untuk memberikan garis pada tulisan tepat ditengah tulisannya
10. TEXT SHADOW : Memberi efek bayangan pada huruf atau teks
11. CHARACTER SPACING : Mengatur jarak antar karakter
12. CHANGE CASE : untuk mengubah kondisi font dari huruf besar menjadi kecil atau sebaliknya.
13. FONT COLOR : Untuk memberikan warna pada huruf
MENU HOME SUBMENU PARAGRAPH
1. BULLET : Untuk memberikan penomoran baik berupa bullet maupun angka
2. NUMBERING : Untuk memberikan penomoran baik berupa bullet Maupun angka
3. DECREASE INDENT : Untuk menggeser data ke arah kiri
4. INCREASE INDENT : Untuk menggeser data kea rah kanan
5. LINE SPACING : Untuk mengatur spasi
6. ALIGN LEFT : Untuk memformat data rata kiri
7. CENTER : Untuk memformat data rata tengah
8. ALIGN RIGHT : Untuk memformat data rata kanan
9. JUSTIFY : Untuk memformat data rata kiri kanan
10. COLUMNS : Untuk memisahkan teks menjadi dua atau lebih kolom.
11. TEXT DIRECTION : Untuk mengubah direksi teks.
12. ALIGN TEXT : Untuk melakukan perataan pada teks.
13. CONVERT TO SMARTART : Untuk mengubah teks menjadi grafik smartart.
MENU HOME SUBMENU DRAWING
Terdiri atas shape, arrange, quick styles, shape fill, shape outlite, shape effects, line color, line styles, shadow, 3D format, picture, text box
MENU HOME SUBMENU EDITING
Submenu Editing digunakan untuk proses pengeditan teks.terdiri dari ikon-ikon find, replace dan select.
MENU INSERT SUBMENU TABLES
Submenu Insert Tabel digunakan untuk menyisipkan atau memasukkan tabel ke dalam lembar kerja Word.terdiri dari ikon-ikon insert table, draw table, convert text to table, excel.
MENU INSERT SUBMENU ILLUSTRATION
1. PICTURE : Untuk menginsertkan atau memasukkan gambar dari file pada dokumen yang kita buat
2. CLIP ART : Untuk menginsertkan atau memasukkan clip art (drawings,movies,sounds) pada dokumen yang kita buat
3. SHAPES : Untuk menginsertkan atau memasukkan bentuk-bentuk ( segitiga, panah dll ) pada dokumen yang kita buat
4. SMART ART : Untuk menginsertkan atau memasukkan grafik komunikasi
5. CHART : Untuk menginsertkan atau memasukkan diagram pada dokumen yang kita buat
MENU INSERT SUBMENU LINKS
1. HYPERLINK : Untuk memasukkan hyperlink pada worksheet
2. ACTION : Untuk menambahkan aksi pada objek yang telah terseleksi.
MENU INSERT SUBMENU TEXT
1. TEXT BOX : Untuk memasukkan kotak teks
2. HEADER & FOOTER : Untuk memasukkan header & footer
3. WORDART : Untuk memasukkan teks dekoratif
4. DATE & TIME : Untuk memasukkan tanggal dan waktu ke dalam dokumen
5. SLIDE NUMBER : untuk menyisipkan nomor halaman pada slide.
6. SYMBOL : Untuk memasukkan simbol-simbol
7. OBJECT : Untuk memasukkan object
MENU INSERT SUBMENU MEDIA CLIPS
1. MOVIE : untuk menyisipkan gambar video slide.
2. SOUND : Untuk menyisipkan suara ke halaman slide
MENU DESIGN SUBMENU PAGE SETUP
1. PAGE SETUP : Mengatur ukuran slide
2. SLIDE ORIENTATION : Mengatur orientasi slide
MENU DESIGN SUBMENU THEMES
1. THEMES : Untuk merubah theme tampilan Microsoft word 2007
2.THEMES COLORS : Untuk mengubah warna tema
3.THEMES FONTS : Untuk mengubah tulisan tema
4.THEMES EFFECTS : Untuk membuat bermacam-macam tema
MENU DESIGN SUBMENU BACKGROUND
1. BACKGROUND STYLES : Untuk menentukan warna tulisan background pada halaman slide
2. HIDE BACKGROUND GRAPHICS : Untuk menyembunyikan latar belakang.
MENU ANIMATIONS SUBMENU PREVIEW
1. PREVIEW : tombol ini dipergunakan untuk melihat hasil dari animasi yang Anda berikan untuk slide Anda.
MENU ANIMATIONS SUBMENU ANIMATIONS
1. ANIMATE : Untuk menentukan animasi slide dengan skema yang telah ditentukan oleh powerpoint
2. CUSTOM ANIMATIONS : Untuk menentukan animasi dengan beberapa variasi, tidak bergantung pada skema animasi
MENU ANIMATIONS SUBMENU TRANSITION TO THIS SLIDE
1. ADVANCE SLIDES : Untuk mengatur cara untuk berpindah ke slide selanjutnya baik dengan menggunakan mouse atau dengan menggunakan durasi waktu.
2. TRANSITION SOUND : Untuk memberi suara pada saat pergantian slide.
3. TRANSITION SPEED : Untuk menentukan kecepatan pergantian slide.
4. APPLY TO ALL : Untuk mengaplikasikan pengaturan animasi transisi pada semua slide.
MENU SLIDE SHOW SUBMENU START SLIDE SHOW
1. FROM BEGINNING : Menjalankan slide mulai dari posisi awal hingga akhir slide
2. FROM CURRENT SLIDE : Menjalankan slide mulai dari slide aktif atau slide yang sedang dipilih hingga akhir slide
3. CUSTOM SLIDE SHOW : Mengatur sendiri urutan slide presentasi sesuai dengan keinginan
MENU SLIDE SHOW SUBMENU SET UP
1. SET UP SLIDE SHOW : Mengatur tampilan slide
2. HIDE SLIDE : Menyembunyikan atau menampilkan slide yang diinginkan
3. RECORD NARRATION : Untuk melakukan perekaman narasi terhadap slide.
4. REHEARSE TIMINGS : Mengatur lamanya tampilan slide dengan menggunakan waktu tertentu sehingga slide disajikan tepat waktu sesuai dengan waktu yang telah ditentukan
Selain itu juga ada ikon USE REHEARSED TIMINGS.
MENU SLIDE SHOW SUBMENU MONITORS
Terdiri atas resolution, show presentation on, use presenter view
MENU REVIEW SUBMENU PROOFING
1. SPELLING : Untuk mengatur bahasa dalam lembar kerja
2. RESEARCH : Untuk mencari kata
3. THEASAURUS : Untuk mencari kata yang mempunyai arti hamper sama
4. TRANSLATE : Untuk mengubah bahasa dari bahasa yang satu ke bahasa lainnya
5. SET LANGUANGE : Untuk memilih bahasa yang digunakan dalam penulisan didokumen
MENU REVIEW SUBMENU COMMENTS
1. SHOW MARKUP: Untuk melakukan menadaan terhadap slide.dan Zoom untuk mengatur ukuran tampilan slide.
2. NEW COMMENT : Untuk membuat komentar baru
3. EDIT COMMENT : Untuk mengedit komentar
4. DELETE : Untuk menghapus komentar
5. PREVIOUS : Untuk menavigasi komentar sebelumnya dalam dokumen
6. NEXT : Untuk menafigasi komentar selanjutnya dalam dokumen
MENU REVIEW SUBMENU PROTECT
1. PROTECT PRESENTATION : Anda bisa menggunakannya untuk melindungi slide presentasi yang Anda buat
MENU VIEW SUBMENU PRESENTATION VIEWS
1. NORMAL : Menampilkan secara lengkap outline presentasi, isi slide dan catatan pada slide tersebut
2. SLIDE SORTER : Untuk menampilkan slide secara keselurahan berurutan berdasarkan nomor halaman.
3. NOTES PAGE : Menampilkan slide lengkap dengan catatan atau keterangan tambahan dari setiap slide. Catatan ini digunakan untuk membantu dalam memberikan penjelasan dari setiap point atau bagian pada slide
4. SLIDE SHOW : menampilkan slide satu layar penuh.
5. SLIDE MASTER : Menempatkan dan menambahkan sesuatu, baik teks maupun objek yang akan ditempatkan pada setiap slide yang akan dibuat
6. HANDOUT MASTER : Untuk membuka handout tampilan utama untuk mengubah desain dan layout.
7. NOTES MASTER : Untuk membuka catatan tampilan utama.
MENU VIEW SUBMENU SHOW/HIDE
1.RULER : Untuk menampilkan penggaris yang digunakan untuk mengukur objek dalam dokumen
2.GRIDLINES : Untuk menghidupkan gridlines yang dapat menyelaraskan objek dalam dokumen
3. MESSAGE BAR : buka tab pesan untuk menyelesaikan tindakan yang diperlukan pada dokumen
MENU VIEW SUBMENU ZOOM
1. ZOOM : Untuk menentukan tingkat zoom dokumen, buka kotak dialog
2. FIT TO WINDOW : Menentuan tampilan slide presentasi dengan tampilan menyesuaikan dengan jendela Power Point
MENU VIEW SUBMENU COLOR/GRAYSCALE
1. COLOR : Untuk menampilkan halaman slide berwarna, abu-abu, atau hitam putih.
2. GRAYSCALE : Untuk menampilkan halaman slide berwarna hitam putih
3. PURE BLACK AND WHITE : Untuk menampilkan halaman slide hitam-putih.
MENU VIEW SUBMENU WINDOW
1. NEW WINDOW : untuk membuat jendela baru npada suatu file presentasi, sehingga anda dapat mengedit suatu file dengan beberapa jendela presentasi.
2. ARRANGE ALL : untuk melakukan pengaturan tampilan jendela secara otomatis terhadap suatu jendela presentasi yang aktif.
3. CASCADE : untuk melakukan pengaturan tampilamn jendela dengan bentuk bertumpuk (cascade) terhadap semua jendela yang aktif.
Selain itu juga ada ikon move split.
MENU VIEW SUBMENU MACROS
1. MACROS : Untuk merekam sebuah macro atau menerima pengaturan makro lainnya
MENU ADD-INS
Terdapat Submenu Custom toolbars
MENU FORMAT
Terdapat Submenu Insert Shapes, Shape Style, WordArt Stle, Arrange, & Size.
CARA KELUAR DARI PROGRAM MICROSOFT POWERPOINT 2007
Beberapa caranya :
Cara 1 : dengan klik close
Cara 2 : 1. Klik office Button
2. Klik Exit powerpoint.
0 comments: